Iklan

Admin
Sabtu, 07 Oktober 2023, 07.13 WIB
Last Updated 2023-11-12T04:13:49Z
berita sumenep hari inifestival tong-tongNews

Saksikan Festival Spektakuler Tong Tong se-Madura di Sumenep 14 Oktober 2023

Read More
Advertisement
Saksikan Festival Spektakuler Tong Tong se-Madura di Sumenep 14 Oktober 2023, hari jadi sumenep ke 754



Blogsia Jurnal - Sumenep - Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo mengundang seluruh masyarakat Indonesia untuk berkumpul di Sumenep. Pemerintah Kabupaten Sumenep akan mengadakan Festival Tong Tong se-Madura pada tanggal 14 Oktober mendatang. Festival ini bertujuan untuk merayakan Hari Jadi ke-754 Kabupaten Sumenep. Lebih dari 40 kelompok Tong-Tong dari empat Kabupaten di Madura, yaitu Sumenep, Pamekasan, Sampang, dan Bangkalan, dijadwalkan akan tampil dalam acara ini.

Bupati Fauzi menjelaskan bahwa selain sebagai perayaan Hari Jadi Sumenep, Festival Tong Tong se-Madura juga bertujuan untuk melestarikan salah satu aspek penting dari warisan budaya.

"Seni Tong Tong adalah bagian tak terpisahkan dari warisan budaya kita yang harus kita jaga keberlangsungannya. Musik tradisional ini dapat dinikmati oleh semua kalangan, dari anak-anak hingga orang dewasa," ujar Fauzi pada Jumat (06/10/2023).

Fauzi menyadari bahwa dengan berjalannya waktu, beberapa bentuk seni tradisional telah mengalami penurunan popularitas dan bahkan terlupakan. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Sumenep berkomitmen untuk menghidupkan kembali dan memupuk rasa cinta masyarakat terhadap kebudayaan lokal melalui acara-acara semacam ini.

"Meskipun Tong Tong ini berasal dari warisan tradisional, namun saya mengharapkan pengemasannya dapat menarik perhatian sehingga masyarakat tidak akan merasa bosan dalam menikmatinya," tambahnya.

Festival Tong-Tong se-Madura akan dimulai pukul 19.00 WIB di area utara Taman Bunga Sumenep. Jadi, mari berkumpul di Sumenep! Manfaatkan akhir pekan Anda dengan menikmati kegembiraan musik tradisional Tong Tong. (*Sh)