Iklan

Admin
Selasa, 30 Januari 2024, 06.15 WIB
Last Updated 2024-04-03T01:51:24Z
bumilapisan bumiPendidikanSains

Mengupas Bumi: Lapisan Demi Lapisan

Read More
Advertisement
Mengupas Bumi: Lapisan Demi Lapisan



Blogsia.eu.org - Panas yang menyengat, tekanan yang tak terbayangkan, dan beberapa intan mengejutkan: Semuanya ada di sana, jauh di bawah kita.

Rentang gunung menjulang ke langit. Lautan menjulur ke kedalaman yang tidak mungkin. Permukaan Bumi adalah tempat yang menakjubkan untuk disaksikan. Namun, bahkan jurang terdalam hanya seperti goresan kecil di planet ini. Untuk benar-benar memahami Bumi, Anda perlu melakukan perjalanan sejauh 6.400 kilometer (3.977 mil) di bawah kaki kita.

Mulai dari pusat, Bumi terdiri dari empat lapisan yang berbeda. Mereka adalah, dari yang terdalam hingga yang paling dangkal, inti dalam, inti luar, mantel, dan kerak. Kecuali untuk kerak, belum ada yang pernah menjelajahi lapisan-lapisan ini secara langsung. Bahkan, kedalaman terdalam yang pernah dijelajahi manusia hanya sedikit lebih dari 12 kilometer (7,6 mil). Dan bahkan itu memakan waktu 20 tahun!

Namun, ilmuwan mengetahui banyak tentang struktur dalam Bumi. Mereka telah menjelajahinya dengan mempelajari bagaimana gelombang gempa bumi bergerak melalui planet. Kecepatan dan perilaku gelombang ini berubah saat mereka bertemu dengan lapisan-lapisan yang berbeda kepadatan. Ilmuwan — termasuk Isaac Newton, tiga abad yang lalu — juga telah mempelajari tentang inti dan mantel dari perhitungan densitas total Bumi, gaya tarik gravitasi, dan medan magnetnya.

Berikut adalah pengantar tentang lapisan-lapisan Bumi, dimulai dengan perjalanan ke pusat planet.

Inti dalam

Bola logam padat ini memiliki radius 1.220 kilometer (758 mil), atau sekitar tiga perempat dari bulan. Ini terletak sekitar 6.400 hingga 5.180 kilometer (4.000 hingga 3.220 mil) di bawah permukaan Bumi. Sangat padat, terbuat sebagian besar dari besi dan nikel. Inti dalam berputar sedikit lebih cepat dari bagian lain planet. Ini juga sangat panas: Suhu mencapai 5.400° Celsius (9.800° Fahrenheit). Itu hampir sama panasnya dengan permukaan matahari. Tekanan di sini sangat besar: jauh lebih dari 3 juta kali lebih besar dari pada permukaan Bumi. Beberapa penelitian menyarankan bahwa mungkin ada inti dalam yang lebih dalam. Ini kemungkinan besar akan terdiri hampir sepenuhnya dari besi.

Inti luar

Bagian dari inti ini juga terbuat dari besi dan nikel, hanya dalam bentuk cair. Ini terletak sekitar 5.180 hingga 2.880 kilometer (3.220 hingga 1.790 mil) di bawah permukaan. Dipanaskan sebagian besar oleh peluruhan radioaktif unsur-unsur uranium dan torium, cairan ini berputar dalam arus besar yang bergejolak. Gerakan itu menghasilkan arus listrik. Mereka, pada gilirannya, menghasilkan medan magnet Bumi. Dengan alasan yang entah bagaimana terkait dengan inti luar, medan magnet Bumi terbalik sekitar setiap 200.000 hingga 300.000 tahun. Ilmuwan masih bekerja untuk memahami bagaimana hal itu terjadi.

Mantel

Dengan ketebalan hampir 3.000 kilometer (1.865 mil), ini adalah lapisan terbesar Bumi. Ini dimulai hanya 30 kilometer (18,6 mil) di bawah permukaan. Terbuat sebagian besar dari besi, magnesium, dan silikon, ini padat, panas, dan semi-solid (seperti permen karamel). Seperti lapisan di bawahnya, ini juga berputar. Hanya saja melakukannya jauh lebih lambat.

Di dekat tepi atasnya, di suatu tempat antara sekitar 100 dan 200 kilometer (62 hingga 124 mil) di bawah tanah, suhu mantel mencapai titik leleh batuan. Memang, ini membentuk lapisan batuan sebagian meleleh yang dikenal sebagai astenosfer (As-THEEN-oh-sfeer). Geolog percaya bahwa bagian panas, lemah, dan licin dari mantel ini adalah tempat di mana lempeng tektonik Bumi berada dan meluncur.

Intan adalah bagian kecil dari mantel yang sebenarnya bisa kita sentuh. Kebanyakan terbentuk pada kedalaman di atas 200 kilometer (124 mil). Tetapi intan "super-dalam" langka mungkin terbentuk sejauh 700 kilometer (435 mil) di bawah permukaan. Kristal-kristal ini kemudian dibawa ke permukaan dalam batuan vulkanik yang dikenal sebagai kimberlit.

Zona terluar mantel ini relatif dingin dan kaku. Ini berperilaku lebih seperti kerak di atasnya. Bersama-sama, bagian teratas lapisan mantel ini dan kerak disebut litosfer.

Kerak

Kerak Bumi seperti cangkang telur rebus. Ini sangat tipis, dingin, dan rapuh dibandingkan dengan apa yang ada di bawahnya. Kerak terbuat dari unsur-unsur yang relatif ringan, terutama silika, aluminium, dan oksigen. Ini juga sangat bervariasi dalam ketebalannya. Di bawah samudra (dan Kepulauan Hawaii), mungkin hanya memiliki ketebalan sebanyak 5 kilometer (3,1 mil). Di bawah benua, kerak mungkin memiliki ketebalan 30 hingga 70 kilometer (18,6 hingga 43,5 mil).

Bersama dengan zona atas mantel, kerak terpecah menjadi potongan besar, seperti teka-teki raksasa. Ini dikenal sebagai lempeng tektonik. Mereka bergerak lambat — hanya 3 hingga 5 sentimeter (1,2 hingga 2 inci) per tahun. Apa yang mendorong gerakan lempeng tektonik masih belum sepenuh

nya dipahami. Ini mungkin terkait dengan aliran konveksi yang didorong oleh panas di mantel di bawahnya. Beberapa ilmuwan berpikir ini disebabkan oleh tarikan dari lempeng kerak yang berbeda densitasnya, sesuatu yang disebut "tarikan lempeng." Seiring waktu, lempeng ini akan saling berdekatan, berpisah, atau meluncur melewati satu sama lain. Tindakan itu menyebabkan sebagian besar gempa bumi dan gunung berapi. Ini perjalanan yang lambat, tetapi membuat waktu yang menarik di permukaan Bumi.




Keywords:

Aluminium

Aluminium adalah unsur logam yang cukup umum, menjadi unsur ketiga yang paling melimpah di kerak Bumi. Sifat ringannya dan kelenturannya membuatnya menjadi bahan yang sangat berguna dalam berbagai aplikasi, mulai dari sepeda hingga wahana antariksa.

Perilaku

Perilaku merujuk pada cara seseorang atau organisme lain bertindak terhadap orang lain atau berperilaku secara umum. Studi tentang perilaku mencakup berbagai aspek, mulai dari perilaku individu hingga perilaku dalam konteks sosial atau lingkungan.

Benua

Dalam geologi, benua adalah massa daratan besar yang terletak di atas lempeng tektonik. Saat ini, ada enam benua utama yang diakui secara geologis: Amerika Utara, Amerika Selatan, Eurasia, Afrika, Australia, dan Antartika. Namun, pada tahun 2017, ilmuwan juga mengajukan argumen untuk adanya benua lain yang disebut Zealandia.

Konveksi

Konveksi adalah proses naik dan turunnya material dalam cairan atau gas akibat perbedaan suhu. Proses ini terjadi di lapisan luar beberapa bintang.

Inti

Inti dapat merujuk pada sesuatu yang berbentuk bulat dan terletak di tengah objek, atau dalam geologi, inti bumi yang terletak di lapisan paling dalam. Melalui inti bor, ilmuwan dapat mempelajari lapisan sedimentasi, bahan kimia terlarut, batuan, dan fosil untuk melihat bagaimana lingkungan di suatu lokasi berubah selama ratusan hingga ribuan tahun atau lebih.

Kerak

Kerak adalah lapisan terluar Bumi yang biasanya terbuat dari batuan padat dan padat.

Kristal

Kristal adalah padatan yang terdiri dari susunan atom atau molekul yang simetris dan teratur dalam tiga dimensi. Struktur terorganisir yang diambil oleh sebagian besar mineral. Kristal mineral yang membentuk batuan biasanya terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang.

Arus

Arus adalah aliran fluida, seperti air atau udara, yang bergerak dalam arah yang dapat dikenali. Dalam konteks listrik, arus merujuk pada aliran listrik atau jumlah muatan yang bergerak melalui suatu bahan dalam periode waktu tertentu.

Peluruhan

Peluruhan adalah proses di mana isotop radioaktif mengalami peluruhan untuk menjadi isotop yang lebih ringan melalui pelepasan energi dan partikel subatom. Kepadatan

Kepadatan adalah ukuran seberapa padat suatu objek, ditemukan dengan membagi massa dengan volumenya.

Berlian

Berlian adalah salah satu substansi terkeras dan permata paling langka di Bumi. Berlian terbentuk di dalam planet ketika karbon dipadatkan di bawah tekanan yang sangat kuat.

Gempa bumi

Gempa bumi adalah getaran tiba-tiba dan kadang-kadang keras dari tanah, kadang-kadang menyebabkan kerusakan besar, sebagai hasil dari gerakan dalam kerak bumi atau tindakan vulkanik.

Krusta Bumi

Krusta Bumi adalah lapisan terluar Bumi. Ini relatif dingin dan rapuh.

Unsur

Unsur adalah bangunan dari struktur yang lebih besar. Dalam kimia, setiap lebih dari seratus zat yang terkecil dari setiap atom tunggal. Contohnya termasuk hidrogen, oksigen, karbon, lithium, dan uranium.

Bidang

Bidang merujuk pada area studi, seperti: Bidang penelitiannya adalah biologi. Juga istilah untuk mendeskripsikan lingkungan dunia nyata di mana penelitian dilakukan, seperti di laut, di hutan, di puncak gunung, atau di jalan kota. Ini adalah kebalikan dari pengaturan buatan, seperti laboratorium penelitian.

Besi

Besi adalah unsur logam yang umum dalam mineral di kerak bumi dan dalam inti panasnya. Logam ini juga ditemukan dalam debu kosmik dan dalam banyak meteorit.

Isaac Newton

Fisikawan dan matematikawan Inggris ini menjadi terkenal karena menggambarkan hukum gravitasinya. Lahir pada tahun 1642, dia berkembang menjadi ilmuwan dengan minat yang luas. Beberapa penemuan di antaranya: bahwa cahaya putih terbuat dari kombinasi semua warna pelangi, yang dapat dipisahkan lagi menggunakan prisma; matematika yang menjelaskan gerakan orbital benda-benda di sekitar pusat gaya; bahwa kecepatan gelombang suara dapat dihitung dari kerapatan udara; elemen awal dari matematika yang sekarang dikenal sebagai kalkulus; dan penjelasan mengapa hal-hal "jatuh": tarikan gravitasi satu objek ke objek lainnya, yang akan berbanding lurus dengan massa masing-masing. Newton meninggal pada tahun 1727.

Litosfera

Litosfera adalah lapisan atas Bumi, yang mencakup kerak rapuhnya dan mantel atasnya. Litosfer relatif kaku dan terbagi menjadi lempeng tektonik yang bergerak perlahan.

Magnesium

Magnesium adalah unsur logam yang berada pada nomor 12 dalam tabel periodik. Ini terbakar dengan cahaya putih dan merupakan unsur kedelapan yang paling melimpah di kerak bumi.

Medan magnet

Medan magnet adalah area pengaruh yang dibuat oleh bahan tertentu, disebut magnet, atau oleh pergerakan muatan listrik.

Mantel

Dalam geologi, mantel adalah lapisan tebal Bumi di bawah keraknya. Mantel ini semi-padat dan umumnya dibagi menjadi mantel atas dan bawah.

Logam

Logam adalah sesuatu yang menghantarkan listrik dengan baik, cenderung berkilau (reflektif), dan mudah dibentuk (berarti dapat dibentuk kembali dengan panas dan tidak terlalu banyak tekanan).

Bulan

Satelit alami dari planet manapun.

Nikel

Nomor 28 dalam tabel periodik unsur, unsur keras dan perak ini tahan terhadap oksidasi dan korosi. Itu membuatnya menjadi lapisan yang baik untuk banyak unsur lain atau untuk digunakan dalam paduan logam multi.

Oksigen

Gas yang menyusun sekitar 21 persen atmosfer Bumi. Semua hewan dan banyak mikroorganisme membutuhkan oksigen untuk memperoleh energi untuk pertumbuhan (dan metabolisme).

Tekanan

Gaya yang diterapkan secara merata di atas permukaan, diukur sebagai gaya per satuan area.

Peluruhan radioaktif

Proses di mana suatu elemen diubah menjadi elemen yang lebih ringan melalui pelepasan partikel subatom (dan energi).

Jari-jari

Garis lurus dari pusat hingga keliling lingkaran atau bola.

Rentang

Rentang penuh atau distribusi suatu hal. Misalnya, rentang tumbuhan atau hewan adalah area di mana mereka secara alami ada.

Setengah

Sebuah kata sifat yang berarti "agak."

Cangkang

Cangkang pelindung keras dari moluska atau krustasea, seperti kerang atau kepiting.

Silika

Mineral, juga dikenal sebagai dioksida silikon, yang mengandung atom silikon dan oksigen. Ini adalah blok dasar dari sebagian besar materi berbatu di Bumi dan beberapa bahan konstruksi, termasuk kaca.

Silikon

Elemen nonlogam, semikonduktor yang digunakan dalam pembuatan sirkuit elektronik. Silikon murni ada dalam bentuk kristal berkilau, abu-abu gelap dan sebagai bubuk tak berbentuk.

Slide

Dalam mikroskopi, potongan kaca tempat sesuatu akan dilampirkan untuk dilihat di bawah lensa pembesar perangkat tersebut.

Padat

Teguh dan stabil dalam bentuk; bukan cair atau gas.

Matahari

Bintang di pusat sistem tata surya Bumi. Ini adalah bintang berukuran sedang sekitar 26.000 tahun cahaya dari pusat galaksi Bima Sakti. Juga istilah untuk bintang yang mirip matahari apa pun.

Lempeng tektonik

Lempeng raksasa — beberapa melintang ribuan kilometer (atau mil) — yang membentuk lapisan luar Bumi.

Torium

Sebuah unsur yang secara alami radioaktif yang muncul sebagai logam perak saat murni. Itu bereaksi kimia dengan udara, berubah menjadi hitam di permukaannya. Ini ditemukan dalam beberapa mineral, dan dapat digunakan untuk melacak sumber beberapa butiran mineral yang dibawa jauh oleh air atau angin. Simbol ilmiahnya adalah Th.

Turbulen

Sebuah kata sifat untuk fluktuasi yang tidak terduga dari fluida (termasuk udara) di mana kecepatannya bervariasi secara tidak teratur daripada mempertahankan aliran yang stabil atau tenang.

Uranium

Unsur alami terberat yang diketahui. Ini disebut unsur 92, yang merujuk pada jumlah proton dalam intinya. Atom uranium radioaktif, yang berarti mereka membusuk menjadi inti atom yang berbeda.

Gelombang

Gangguan atau variasi yang bergerak melalui ruang dan materi secara teratur, berayun. (as)