Iklan

Admin
Kamis, 09 Mei 2024, 20.53 WIB
Last Updated 2024-05-09T13:53:29Z
grx-810nasaSainssuperalloy

NASA Mengizinkan Penggunaan Superalloy yang Dapat Dicetak 3D untuk Mendorong Perekonomian AS

Read More
Advertisement
NASA Mengizinkan Penggunaan Superalloy yang Dapat Dicetak 3D untuk Mendorong Perekonomian AS



Blogsia.eu.org - NASA telah menginvestasikan dalam sebuah terobosan superalloy yang dikembangkan untuk suhu ekstrem dan kondisi keras penerbangan udara dan antariksa, dan kini investasinya hampir mencapai titik balik untuk memberikan keuntungan secara komersial.

Badan antariksa ini telah mengizinkan penggunaan penemuannya, yang diberi nama "GRX-810," kepada empat perusahaan Amerika, sebuah praktik yang memberikan manfaat bagi ekonomi Amerika Serikat sebagai balasan atas investasi dari uang pajak.

GRX-810 adalah material tahan suhu tinggi yang dapat dicetak 3D yang akan menghasilkan bagian pesawat dan pesawat luar angkasa yang lebih kuat dan tahan lama yang dapat menahan lebih banyak hantaman sebelum mencapai titik patahnya.

Perjanjian lisensi bersama akan memungkinkan perusahaan-perusahaan tersebut untuk memproduksi dan memasarkan GRX-810 kepada produsen peralatan pesawat dan roket serta seluruh rantai pasokan.

Keempat perusahaan yang mendapatkan lisensi bersama tersebut adalah:

- Carpenter Technology Corporation di Reading, Pennsylvania

- Elementum 3D, Inc. di Erie, Colorado

- Linde Advanced Material Technologies, Inc. di Indianapolis

- Powder Alloy Corporation di Loveland, Ohio

GRX-810 adalah salah satu contoh dari banyak teknologi baru yang diperiksa oleh manajer Program Transfer Teknologi NASA dan didaftarkan untuk perlindungan paten. Tim ini juga bekerja dengan para penemu untuk menemukan mitra yang tertarik untuk komersialisasi.

"Aset pajak NASA diinvestasikan dalam penelitian yang menunjukkan manfaat langsung bagi AS dan mentransfer teknologinya ke industri dengan mengizinkan patennya," kata Amy Hiltabidel, manajer lisensi di Pusat Riset Glenn NASA di Cleveland.


Pendekatan Baru dalam Pengembangan Material

Para insinyur NASA merancang GRX-810 untuk aplikasi kedirgantaraan, termasuk injektor mesin roket cair, komustor, turbin, dan komponen bagian panas yang mampu menahan suhu di atas 2.000 derajat Fahrenheit.

"GRX-810 mewakili ruang desain paduan baru dan teknik manufaktur yang tidak mungkin beberapa tahun yang lalu," kata Dr. Tim Smith, peneliti material di NASA Glenn.

Smith bersama rekan kerjanya di Glenn, Christopher Kantzos, menciptakan superalloy tersebut menggunakan proses pemodelan komputer yang menghemat waktu dan pencetakan 3D dengan laser yang menyatukan logam, lapis demi lapis. Partikel kecil yang mengandung atom oksigen tersebar di seluruh paduan tersebut meningkatkan kekuatannya.

Dampak dan Manfaat

Dibandingkan dengan paduan nikel lainnya, GRX-810 dapat menahan suhu dan tekanan yang lebih tinggi dan dapat bertahan hingga 2.500 kali lebih lama. Selain itu, GRX-810 hampir empat kali lebih baik dalam fleksibilitas sebelum patah dan dua kali lebih tahan terhadap kerusakan oksidasi.

"Adopsi paduan ini akan mengarah pada eksplorasi penerbangan dan luar angkasa yang lebih berkelanjutan," kata Dale Hopkins, wakil manajer proyek dari proyek Alat dan Teknologi Transformasional NASA. "Hal ini karena komponen mesin jet dan roket yang terbuat dari GRX-810 akan mengurangi biaya operasional dengan bertahan lebih lama dan meningkatkan efisiensi bahan bakar secara keseluruhan."

Tim penelitian dan pengembangan melibatkan tim dari Glenn, Pusat Riset Ames NASA di Silicon Valley California, Universitas Negara Bagian Ohio, dan Pusat Penerbangan Luar Angkasa NASA di Huntsville, Alabama, di mana pengujian terbaru melibatkan bagian mesin roket yang dicetak 3D.

NASA mengembangkan banyak teknologi untuk mengatasi tantangan eksplorasi luar angkasa, meningkatkan pemahaman tentang planet kita, dan meningkatkan transportasi udara. Melalui lisensi paten dan mekanisme lainnya, NASA telah melahirkan lebih dari 2.000 teknologi bagi perusahaan untuk dikembangkan menjadi produk dan solusi yang mendukung ekonomi Amerika.

(as)

Source: 1