Iklan

Admin
Kamis, 11 Juli 2024, 21.22 WIB
Last Updated 2024-07-12T14:25:48Z
jokowi learning centerNasionalNewspresiden jokowisdm indonesia

Dorong Peningkatan SDM Indonesia: Presiden Jokowi Resmikan Jokowi Learning Center

Read More
Advertisement
Dorong Peningkatan SDM Indonesia: Presiden Jokowi Resmikan Jokowi Learning Center


Blogsia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan gedung Jokowi Learning Center di SMA Kebangsaan Lampung Selatan pada Kamis, 11 Juli 2024. Dalam peresmian ini, Jokowi menekankan pentingnya pengembangan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang unggul untuk menghadapi persaingan global.

"SDM unggul ini kita perlukan dalam rangka kompetisi persaingan antar negara. Infrastruktur sebaik apapun kalau SDM tidak baik, (tetap) jelek," kata Jokowi dalam siaran daring di YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi menjelaskan bahwa kualitas SDM di tiap negara dapat diukur melalui peringkat daya saing dunia yang dibuat oleh Institute of Management Development (IMD). Menurutnya, Indonesia telah mencapai peringkat 27 dalam world competitiveness ranking, namun masih tertinggal di bidang pendidikan dan kesehatan dengan peringkat 57-58.

"Infrastruktur kita bagus dibanding Malaysia dan Thailand, tapi kita masih tertinggal dalam teknologi, inovasi, dan kesehatan. Meski naik 7 level, kita harus lebih fokus pada pendidikan dan kesehatan," ujar Jokowi.

Presiden Jokowi optimistis bahwa pembangunan fasilitas seperti Jokowi Learning Center di berbagai wilayah akan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Ia mendorong para menteri dan masyarakat yang mampu untuk membangun pusat pembelajaran serupa guna meningkatkan peringkat pendidikan nasional.

"Jika banyak yang membangun fasilitas seperti Jokowi Learning Center ini, pasti ranking kita akan melompat dan kita akan memiliki SDM unggul yang dibutuhkan negara ini," tegas Jokowi.

Selain meresmikan Jokowi Learning Center, kunjungan kerja Jokowi di Lampung dimulai dengan peninjauan fasilitas kesehatan di RSUD dr. H. Bob Bazar, SKM. Presiden juga meninjau pelaksanaan bantuan pompa air untuk pertanian di Desa Bandan Hurip.

"Saya langsung perintahkan Menteri PU (Basuki Hadimuljono) untuk memperbaiki jalan yang rusak. Tadi saya melihat banyak jalan berlubang," kata Jokowi kepada media saat berhenti mendadak di jalan menuju lokasi acara.

Setelah menyelesaikan agenda di Lampung Selatan, Jokowi melanjutkan kunjungan ke Kabupaten Lampung Utara menggunakan helikopter Super Puma. Di sana, ia mengecek harga di Pasar Sentral Kotabumi dan meresmikan pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah (IJD).

Jokowi menutup kunjungan kerjanya dengan menekankan pentingnya percepatan pembangunan di berbagai sektor. "Negara cepat akan kalahkan negara lambat dan kita ingin jadi negara cepat, dengan SDM yang menguasai teknologi dan inovasi," pungkasnya.

Dengan berbagai agenda tersebut, Presiden Joko Widodo menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas SDM dan infrastruktur di Indonesia, agar negara ini dapat bersaing di kancah global.

(*)