Iklan

Admin
Sabtu, 06 Juli 2024, 22.17 WIB
Last Updated 2024-07-06T15:17:36Z
Khazanahmuharram

Makna dan Amalan di Malam 1 Muharram: Hukum dan Keutamaan

Read More
Advertisement
Makna dan Amalan di Malam 1 Muharram: Hukum dan Keutamaan


Blogsia.eu.org - Malam 1 Muharram menandai awal tahun baru dalam kalender Hijriah, sebuah momen penting bagi umat Islam. Tahun ini, malam 1 Muharram jatuh pada hari Sabtu, 6 Juli 2024. Di malam penuh makna ini, banyak tradisi dan amalan yang dilakukan untuk menyambut Tahun Baru Islam dengan penuh harapan dan doa.

Amalan-Amalan di Malam 1 Muharram

Berdasarkan sumber dari NU Online, terdapat sejumlah amalan yang dapat dilakukan saat malam 1 Muharram. Berikut beberapa amalan yang dianjurkan:

1. Membaca Doa Awal Tahun

Membaca doa awal tahun adalah salah satu amalan yang sering dilakukan. Berikut adalah teks doa awal tahun beserta artinya:

اللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ


Artinya: Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.

2. Hukum Membaca Doa Awal Tahun

Tidak ada dalil sahih dari Al-Qur'an dan hadis mengenai anjuran membaca doa awal tahun. Namun, sebagian ulama menyandarkan dalil doa awal tahun terhadap dalil tentang berdoa secara umum. Dalil umum mengenai doa terdapat dalam Surah Ghafir ayat 60, di mana Allah SWT berfirman:

"Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu (apa yang kamu harapkan). Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri tidak mau beribadah kepada-Ku akan masuk (neraka) Jahanam dalam keadaan hina dina."

Doa awal tahun yang biasa dibaca bersumber dari para ulama, seperti Syekh Abdul Hamid bin Muhammad Ali Kudus bin Abdil Qadir dalam kitab Kanzun Najah was Surur dan Syekh Abdullah bin Muhammad Al-Khayyath Al-Harusyi dalam Al-Fathul Mubin wad Durrut Tsamin.

3. Memperbanyak Salat

Selain mengerjakan salat wajib, dianjurkan untuk melakukan salat sunnah seperti tahajud pada malam 1 Muharram.

4. Melakukan Puasa Sunnah

Puasa pada hari pertama Muharram, terutama pada hari Asyura (10 Muharram), sangat dianjurkan.

5. Menyambung Silaturahmi

Malam 1 Muharram bisa menjadi momen untuk menjalin silaturahmi dengan keluarga, kerabat, dan tetangga, mengingat pentingnya amalan ini dalam mempererat tali persaudaraan.

6. Bersedekah

Sedekah kepada fakir miskin, anak yatim, dan kaum duafa pada malam 1 Muharram adalah amalan yang mulia.

7. Memohon Ampun

Memohon ampun kepada Allah SWT dan memperbanyak zikir adalah amalan yang dianjurkan, sebagaimana disebut dalam Surah Al-Azhab ayat 41-42.

8. Menjenguk Orang Sakit

Menjenguk orang sakit adalah salah satu sunnah Nabi yang bisa dilakukan pada bulan Muharram.

9. Memotong Kuku

Memotong kuku dan menjaga kebersihan adalah bagian dari fitrah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

10. Membaca Al-Qur'an

Membaca dan merenungkan ayat-ayat Al-Qur'an, terutama surat-surat yang memiliki keutamaan khusus, adalah amalan yang sangat dianjurkan.

Dengan melakukan amalan-amalan tersebut, diharapkan umat Islam dapat memanfaatkan malam 1 Muharram sebagai momen untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, memperbaiki diri, dan memulai tahun baru dengan penuh berkah.


(bg)