Iklan

Admin
Senin, 08 Juli 2024, 09.05 WIB
Last Updated 2024-07-09T02:08:53Z
anugerah merdeka belajarNewspemkab trenggalekRegionaltrenggalek

Pemkab Trenggalek Raih Penghargaan Anugerah Merdeka Belajar 2024 untuk Transformasi Pengelolaan Pendidikan

Read More
Advertisement
Pemkab Trenggalek Raih Penghargaan Anugerah Merdeka Belajar 2024 untuk Transformasi Pengelolaan Pendidikan

Blogsia.eu.org - Pemerintah Kabupaten Trenggalek meraih penghargaan bergengsi pada ajang Anugerah Merdeka Belajar 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Penghargaan ini diberikan untuk kategori Transformasi Pengelolaan Pendidikan, menunjukkan komitmen Kabupaten Trenggalek dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, dari Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Anindito Adhitomo, pada acara yang digelar di Jakarta, Jumat (5/7/2024).

"Ini penghargaan untuk seluruh masyarakat. Kami di Kabupaten Trenggalek terus termotivasi untuk bagaimana merdeka belajar ini bisa diterapkan dengan sebaik-baiknya," kata Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin dalam keterangan tertulis, Minggu (7/7/2024).

Pemkab Trenggalek telah melaksanakan berbagai upaya untuk meningkatkan tingkat pendidikan masyarakat serta kualitas pendidikan di Kabupaten Trenggalek. Salah satu upaya yang dilakukan adalah kolaborasi dengan UNICEF untuk memastikan anak-anak yang putus sekolah dapat kembali melanjutkan pendidikan mereka.

"Salah satu kolaborasinya pihak kita bersama UNICEF. Kita berusaha bagaimana anak putus sekolah itu bisa kembali bersekolah," ujar Nur Arifin.

Selain itu, Kabupaten Trenggalek juga menciptakan program inovatif bernama Sekolah Perempuan, Disabilitas, Anak, dan Kelompok Rentan Lainnya atau SEPEDA KEREN, yang digerakkan melalui Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

"Saya sangat berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat, termasuk Ibu Ketua PKK yang telah menginisiasi program sekolah perempuan dan anak disabilitas, serta upaya untuk menjadikan ekosistem pendidikan lebih inklusif," jelas Nur Arifin.

Bupati Trenggalek berharap penghargaan ini dapat memberikan dampak positif terhadap sektor pendidikan di Kabupaten Trenggalek. "Harapannya tentu saja kita mau indeks pendidikannya tinggi. Tidak cuma rata-rata lama sekolah, tapi juga rata-rata harapan lama sekolah," tutupnya.

Sebagai informasi, Anugerah Merdeka Belajar 2024 merupakan penghargaan yang diberikan oleh Kemendikbudristek kepada 51 Gubernur, Walikota, dan Bupati yang telah mendukung Program Anugerah Belajar 2024.

Dengan penghargaan ini, diharapkan Kabupaten Trenggalek semakin giat dalam mengembangkan berbagai program pendidikan yang inovatif dan inklusif, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan serta memberikan kesempatan belajar yang merata bagi seluruh masyarakat.




(bg)