Iklan

Admin
Senin, 08 Juli 2024, 08.59 WIB
Last Updated 2024-07-09T02:02:59Z
jokowikinerja jokowiNasionalNewspresiden ri

Survei: Mayoritas Masyarakat Jawa Tengah Puas dengan Kinerja Presiden Jokowi

Read More
Advertisement
Survei: Mayoritas Masyarakat Jawa Tengah Puas dengan Kinerja Presiden Jokowi


Blogsia.eu.org - Lembaga Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terbaru mengenai kepuasan masyarakat Jawa Tengah terhadap kinerja Presiden Joko Widodo. Berdasarkan hasil survei yang dipresentasikan oleh Rizka Halida, peneliti utama Indikator Politik Indonesia, pada Minggu (7/7/2024), mayoritas masyarakat Jawa Tengah menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap kinerja Presiden Jokowi.

Hasil Survei Kepuasan

Survei tersebut mencatat bahwa 66,5 persen masyarakat Jawa Tengah menyatakan cukup puas dengan kinerja Presiden Jokowi, sementara 18,7 persen merasa sangat puas. Di sisi lain, 12,5 persen responden mengaku kurang puas, 1,8 persen tidak puas sama sekali, dan 0,5 persen tidak tahu atau tidak menjawab.

Isu Mendesak yang Perlu Diselesaikan

Survei juga menyoroti beberapa masalah mendesak yang diharapkan masyarakat Jawa Tengah dapat segera diselesaikan oleh pemimpin nasional. Sebanyak 31,1 persen responden menuntut pengendalian harga kebutuhan pokok sebagai prioritas utama. Selain itu, 15,8 persen ingin masalah pengangguran dituntaskan, dan 15,1 persen mengharapkan pengurangan kemiskinan.

Metodologi Survei

Survei ini dilakukan terhadap warga negara Indonesia di Provinsi Jawa Tengah yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Metode yang digunakan adalah multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 800 responden. Dengan metode simple random sampling, survei ini memiliki margin of error sekitar ±3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel survei ini diambil dari seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah secara proporsional.

Wawancara dilakukan secara tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara acak sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor dengan mendatangi kembali responden terpilih. Dalam quality control, tidak ditemukan kesalahan berarti.

Jokowi Effect pada Pilgub Jateng 2024

Dalam konteks politik lokal, Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengungkapkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat Jawa Tengah terhadap Presiden Jokowi dapat mempengaruhi preferensi pemilih pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2024. Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, menjelaskan bahwa masyarakat yang puas dengan kinerja Jokowi cenderung memilih calon gubernur yang dekat dengan presiden.

Menurut survei LSI, 33,8 persen dari 85,1 persen masyarakat yang puas dengan kinerja Jokowi memilih Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep, sebagai calon Gubernur Jawa Tengah. Kaesang, yang merupakan putra bungsu Presiden Jokowi, bersaing dengan Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Luthfi (29,1 persen), dan Ketua Bappilu PDIP, Bambang Wuryanto atau Pacul (14,8 persen).



Djayadi Hanan menambahkan bahwa peta kompetisi Pilgub Jawa Tengah 2024 masih cair dan semua kandidat memiliki peluang untuk saling mengungguli, mengingat tidak adanya petahana yang maju dalam pilgub tersebut. Selain Kaesang, Ahmad Luthfi, dan Bambang Pacul, mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin, juga disebut sebagai salah satu kandidat kuat dalam pilkada mendatang.

(bg)